Kiprah Manuel Neuer Kiper yang Belum Tergantikan

7 Likes Comment

Manuel Neuer lahir pada 27 March 1986 di Gelsenkirchen, Jerman. Neuer dilahirkan dari ibu dan ayahnya, Marita Neuer dan Peter Neuer. Manuel dibesarkan di sebuah rumah Katolik, di jalan kampung halamannya, Manuel dan saudaranya bermain sepakbola setiap hari selama berjam-jam sambil mengabaikan pelajaran mereka yang saat itu masih sekolah.

Ketika ia tumbuh dewasa, minatnya dalam permainan sepakbola tidak mereda dan ia menemukan dirinya terdaftar dalam sistem sepak bola pemuda Gesamtschule. Dia tumbuh menjadi kiper dalam waktu kurang dari setahun sebelum dipanggil oleh Schalke 04 di tahun 1991. Di kesempatan ini Manuel berkesempatan bertemu idolanya dan mantan kiper Arsenal, Lehmann.

Ia menghadiri Gesamtschule Berger Feld, seperti pemain terkenal lainnya, seperti Mesut Ozil. Neuer mendapat kesempatan bermain sepakbola pertamanya saat ia berusia dua tahun dan melakukan pertandingan pertamanya tahun 1991, beberapa hari sebelum usianya menginjak 5 tahun. Ia tumbuh belajar idolanya saat itu, dan juga sesama Jerman dan mantan kiper, Lehmann.

Saat bermain di Schalke muda, Manuel tampil melampaui harapan semua orang yang mendukungnya. Saatnya pelatih klub mulai memberi perhatian khusus kepada permainan Manuel Neuer dan mengasah kemampuannya di posisi sebagai kiper, oleh karena itu, Manuel terus berkembang permainannya dan pada saat dia di sekolah, dia sudah menjadi kiper tingkat profesional.

Karir Profil Manuel Neuer Selama Menjadi Kiper

Pada tanggal 1 Juni 2011, pemain asal Jerman ini menandatangani kontrak lima tahun bersama Bayern Munich dengan biaya transfer € 22 juta dan menjadikannya sebagai penjaga gawang termahal kedua setelah Gianluigi Buffon. Di pertandingan melawan Dortmund, yang diselenggarakan pada bulan April 2012, ia mendapat kejadian buruk yaitu, dilempari kulit pisang.

Pada tanggal 25 April 2012, Profil Manuel Neuer berhasil menepis tendangan penalti dari Cristiano Ronaldo dan Ricardo Kaka pada laga perempat final UEFA Champions League. Bayern kemudian maju ke babak semi-final Liga Champion UEFA dan kembali bertemu melawan Real Madrid. Manuel Neuer menyatakan bahwa ia telah mempelajari tendangan penalti Ronaldo.

Ia kemudian tampil di pertandingan final UCL melawan Chelsea dimana Bayern Munich kalah dengan skor akhir 4-3 dalam drama adu penalti. Pada musim pertama Liga Champions, Neuer berhasil menjaga gawangnya tanpa ada satu pun gol yang mampu membobol gawangnya di pertandingan Liga Champions Eropa  melawan Juventus FC dan Barcelona FC.

Prestasi serta Torehan Manuel Neuer

Pada Januari 2014, penjaga gawang Jerman ini berhasil membawa pulang gelar World Goalkeeper of the year 2013. Pada Agustus 2006 ia melakukan pertandingan untuk Jerman U-21 di pertandingan melawan Belanda. Neuer juga tergabung dalam kesebelasan Jerman U21 yang memenangkan UEFA European U-21 Football Championship tahun 2009 melawan tim raksasa Inggris.

Neuer tampil sebagai kiper utama di semua laga Grup B kompetisi Euro UEFA tahun 2012 melawan Belanda, Portugal dan Denmark. Jerman kemudian berhasil menjadi juara grup B dan menjadi satu-satunya kesebelasan di turnamen yang memenangkan semua pertandingan grupnya tanpa terkalahkan. Dan nilai plusnya Jerman hanya kebobolan paling sedikit saat itu.

Gelar yang Neuer torehkan memang sangat luar biasa, Ia berhasil menjuarai kompetisi bergengsi dunia. Saat ia bermain di Bayern Munich berhasil meraih UCL, Bundesliga, Super Cup, dan Club World Cup. Di timnas Jerman Neuer juga sukses dengan membawa tim profil Manuel Neuer menjuarai Piala Dunia 2014, dan masih di Munich.

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *